Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Nama-Nama Aqidah Menurut Ahlus Sunnah Wal Jama'ah

Senin, 15 April 2024 | April 15, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-04-16T00:30:58Z
Nama-Nama Aqidah Menurut Ahlus Sunnah Wal Jama'ah

Di antara nama-nama 'aqidah menurut ulama Ahlus Sunnah adalah:

1. Al-Iman

'Aqidah disebut juga dengan al-Iman sebagaimana yang disebutkan dalam Al-Qur-an dan hadits-hadits Nabi, karena 'aqidah membahas rukun iman yang enam dan hal-hal yang berkaitan dengannya. Sebagaimana penyebutan al-Iman dalam sebuah hadits yang masyhur disebut dengan hadits Jibril. Dan para ulama Ahlus Sunnah sering menyebut istilah 'aqidah dengan al-Iman dalam kitab-kitab mereka, Seperti Kitaabul limaan karya Imam Abu 'Ubaid al-Qasim bin Sallam (wafat th 224 H), Kitaabul Iimaan karya al-Hafizh Abu Bakar 'Abdullah bin Muhammad bin Abi Syaibah (wafat th. 235 H), al-Imaan karya Ibnu Mandah (wafat th. 359 H) dan Kitabul Iman karya Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah (wafat th. 728 H).

2. 'Aqidah (I'tiqaad dan 'Aqaa-id)

Para ulama Ahlus Sunnah sering menyebut ilmu 'aqidah dengan istilah 'Aqidah Salaf, 'Aqidah Ahlul Atsar dan al-I'tiqaad di dalam kitab-kitab mereka, Seperti 'Aqiidatus Salaf Ash haabil Hadiits karya ash-Shabuni (wafat th. 449 H), Syarah Ushuul I'tiqaad Ablis Sunnah wal Jamaa'ab (hal. 5-6) oleh Imam al-Lalika-i )wafat th. 418 H).

3. Tauhid

'Aqidah dinamakan dengan Tauhid karena pembahasannya berkisar seputar Tauhid atau pengesaan kepada Allah di dalam Rububiyyah, Uluhiyyah dan Asma' wa Shifat. Jadi, Tauhid merupakan kajian ilmu 'aqidah yang paling mulia dan merupakan tujuan utamanya. Oleh karena itulah ilmu ini disebut dengan ilmu Tauhid secara umum menurut ulama Salaf, Seperti Kitaabut Tauhid dalam Shahiihul Bukhari karya Imam al-Bukhari (wafat th. 256 H), Kitaabut Taubiid wa Itsbaat Shifaatir Rabb karya Ibnu Khuzaimah (wafat th. 311 H), Kitaab I'riqaadit Taubiid oleh Abu 'Abdillah Muhammad bin Khafif (wafat th. 371 H), Kitaadset Taubiid oleh Ibnu Mandah (wafat th. 359 H) dan Kitaabut Taubiid cleh Muhammad bin Abdil Wahhab)

4. As-Sunnah

As-Sunnah artinya jalan. 'Aqidah Salaf disebut As-Sunnah karena para penganutnya mengikuti jalan yang ditempuh oleh Rasulullah dan para Sahabat di dalam masalah 'aqidah. Dan istilah ini merupakan istilah masyhur (populer) pada tiga generasi pertama, Seperti kitab as Sunnah karya Imam Ahmad bin Hanbal (wafat th. 241 H), Sunnah karya Abdullah bin Ahmad bin Hanbal (wafat th. 290 H).

5. Ushuluddin dan Ushuluddiyanah

Ushul artinya rukun-rukun Iman, rukun-rukun Islam dan masalah-masalah yang qath'i serta hal-hal yang telah menjadi kesepakatan para ulama, Seperti kitab Ushuluddin karya al-Baghdadi (wafat th. 429 H), asy-Syarh wal Ibaanah 'an Ushuuliddiyaanah karya Ibnu Baththah al-Ukbari (wafat th. 387 H) dan al Ibaanah 'an Ushuuliddiyaanah karya Imam Abul Hasan al-Asy'ari.

6. Al-Fiqhul Akbar

Ini adalah nama lain Ushuluddin dan kebalikan dari al-Fiqhul Ashghar, yaitu kumpulan hukum-hukum ijtihadi, Seperti kitab al-Fiqhul Akbar karya Imam Abu Hanifah.

7. Asy-Syari'ah

Maksudnya adalah segala sesuatu yang telah ditetapkan oleh Allah dan Rasul-Nya berupa jalan-jalan petunjuk, terutama dan yang paling pokok adalah Usbuluddin (masalah-masalah 'aqidah), Seperti kitab asy-Syari'ab oleh al-Ajurri (wafat th. 360 H) dan al-Ibaanah 'an Syari'atil Firqah an-Naajryab karya Ibnu Baththah.

Itulah beberapa nama lain dari ilmu 'Aqidah yang paling terkenal, dan adakalanya kelompok selain Ahlus Sunnah menamakan 'aqidah mereka dengan nama-nama yang dipakai oleh Ahlus Sunnah, seperti sebagian aliran Asyaa'irah (Asy'ariyyah), terutama para ahli hadits dari kalangan mereka.

Sumber:
Syarah Aqidah Ahlus Sunnah Wal Jama’ah
Ustadz Yazid Abdul Qadir Jawwaz
×
Berita Terbaru Update